Mengenal Jenis dan Fungsi Peralatan Gelas pada Laboratorium Kimia (Bagian I)

Jejaring Kimia – Sebagian besar peralatan yang ada di laboratorium kimia terbuat dari bahan gelas/kaca sehingga penting sekali bagi kita untuk mengetahui jenis dan fungsi dari peralatan tersebut untuk menghindari kesalahan penggunaan dan terjadinya kecelakaan kerja pada saat melakukan praktikum.

Berikut akan di sajikan beberapa jenis dan fungsi peralatan gelas yang ada di laboratorium kimia.

jenis dan fungsi peralatan gelas
1. Adaptor (Adapter)

Adaptor adalah salah satu peralatan yang terbuat dari gelas dengan bentuk melengkung. Adaptor merupakan salah satu komponen /seperangkat peralatan destilasi sebagai penyambung pipa pendingin (condenser).

Ujung adaptor yang  besar dihubungkan dengan ujung pipa pendingin, sedangkan ujung kecil dimasukkan ke dalam wadah/gelas penampung destilat.

Kapasitas adaptor berbagai macam, yaitu:
  • panjang 60 mm, dengan ukuran socket 14/23 mm
  • panjang 95 mm, dengan ukuran socket 19/26 mm
  • panjang 120 mm, dengan ukuran socket 19/26 mm
  • panjang 200 mm, dengan ukuran socket 24/26 mm

jenis dan fungsi peralatan gelas
2. Buret (Burette)

Buret adalah peralatan gelas yang bentuknya silidris memanjang yang mempunyai skala mm pada bagian luarnya dan terdapat kran pada sisi bawahnya. Buret sering digunakan pada titrasi asam basa. Buret digunakan untuk menambahkan larutan pereaksi di mana volume penambahan harus diketahui/dicatat.

Kapasitas buret yang tersedia adalah:
  • ukuran 10 ml dengan sub skala 0,05 ml
  • ukuran 25 ml dengan sub skala 0,1 ml
  • ukuran  50 ml dengan sub skala 0,1 ml
  • ukuran 100 ml dengan sub skala 0,2 ml

jenis dan fungsi peralatan gelas
3. Botol Tetes (Dropping Bottle)

Botol tetes terbuat dari gelas tetapi ada juga yang terbuat dari plastic tahan bahan kimia yang dilengkapi dengan penutup yang terbuat dari polietilen dan juga alat tetes. Botol tetes sering digunakan dalam laboratorium kimia analisis. Kegunaan botol tetes adalah untuk menyimpan larutan indicator yang biasanya digunakan dalam proses analisis kuantitatif dengan titrasi.

Adapun kapasitas botol tetes yang tersedia adalah ukuran 30 ml, 60 ml, 125 ml, dan 250 ml.
Baca juga, Mengenal Jenis dan Fugnsi Peralatan Gelas pada Laboratorium Kimia (Bagian II)

jenis dan fungsi peralatan gelas
4. Corong Buchner (Buchner Funnel)

Corong bucher adalah peralatan laboratorium kimia yang digunakakan untuk penyaring dengan dipasangkan pada labu penyaring dan pompa penghisap (vacuum pump). Corong  Buchner dapat menyaring dengan cepat dibandingkan dengan corong gelas.

Corong Buchner memiliki alas dalam datar dan terdapat pori-pori. Pada saat akan melakukan penyaringan maka pada permukaan alas dalam ini diberi kertas saring yang sudah dipotong berbentuk bulat seperti alas tersebut.

jenis dan fungsi peralatan gelas
5. Desikator (Desicator)

Desikator merupakan salah satu peralatan yang sering digunakan di laboratorium kimia anorganik.

Desikator berfungsi untuk melakukan pengeringan bahan kimia dengan menggunakan zat higroskopis (zat yang dapat menyerap uap air dari udara). Tempat bagian bawah digunakan untuk meletakkan zat higroskopis tersebut.

jenis dan fungsi peralatan gelas
6. Erlenmeyer (Erlenmeyer Flask/Conical Flash)

Erlenmeyer merupakan salah satu alat gelas yang sering digunakan dalam laboratorium. Bentuk leher Erlenmeyer yang sempit berfungsi untuk mengurangi penguapan zat cair dalam pemanasan dan mencegah zat cair tumpah ketika dilakukan pengadukan. Erlenmeyer biasanya digunakan untuk analisis kuantitatif secara volumetri (titrasi) bersamaan dengan buret. Pada sisi luar tabung Erlenmeyer terdapat skala yang menunjukkan perkiraan volum cairan.

Terdapat berbagai macam ukuran Erlenmeyer mulai dari ukuran 25 ml sampai dengan ukuarn 5000 ml.

jenis dan fungsi peralatan gelas
7. Gelas Beker/Gelas Piala (Beker Glass)

Gelas beker juga banyak digunakan di laboratorium kimia. Gelas beker digunakan untuk melarutkan suatu padatan/kristal, untuk mencampurkan cairan, untuk memanaskan larutan, dan dapat juga digunakan untuk mengukur volume kasar suatu zat cair  atau larutan tertentu.

Gelas beker berbentuk silinder dengan alas datar. Gelas beker yang dapat dipanaskan haruslah terbuat dari bahan pyrex karena tahan panas sampai suhu 150oC dan tidak mudah retak.

Terdapat berbagai macam ukuran gelas beker mulai dari 25 ml sampai dengan ukuarn 5000 ml.

jenis dan fungsi peralatan gelas
8. Gelas Ukur

Gelas ukur berbentuk pipa yang terbuat dari kaca dan/ plastic yang mempunyai kaki/dudukan sehingga dapat ditegakkan. Pada bagian atas gelas ukur terdapat bibir tuang yang berfungsi untuk menuangkan cairan atau larutan sedangkan bagian badan tabung terdapat skala ukur. Gelas ukur berfungsi untuk mengukur suatu cairan dan/ larutan dengan volume tertentu yang tidak memerlukan ketelitian tingkat tinggi.

Gelas ukur mempunyai beberapa kapasitas mulai dari ukuran 5 ml sampai dengan 2000 ml.

9. Kolom Kromatografi (Chromatography Column)

Kolom kromatografi merupakan alat yang berbentuk pipa lurus dengan atau tanpa kran bada bagian bawahnya, yang berfungsi untuk memisahkan dua campuran senyawa atau lebih dengan cara melewatkan pada kolom tersebut.

jenis dan fungsi peralatan gelas
10. Labu Takar (Volumetric Flash)

Labu takar merupakan peralatan yang banya digunakan pada laboratorium kimia analisis.  Labu takar berbentuk alas bulat dengan leher panjang dan mulut sempit. Pada leher tabung terdapat garis batas yang menunjukkan volume sesuai dengan yang tertera pada labu takar tersebut. Labu takar dilengkapi dengan penutup yang terbuat dari polietilen maupun gelas.

Labu takar berfungsi untuk melakukan pengenceran sampai dengan volume tertentu sebagaimana tertera pada labu takar tersebut. Pembacaan volume larutan dilakukan pada tanda yang melingkar pada leher dengan membaca meniscus.

Labu takar mempunya beberapa kapasitas mulai dari 5 ml sampai dengan 2000 ml. 

Komentar

Postingan Populer